Monitor dan Fungsinya

Pengertian

Monitor adalah perangkat keras yang digunakan sebagai alat output data secara grafis pada sebuah CPU, monitor juga kerap disebut sebagai layar tampilan komputer. Monitor merupakan salah satu perangkat keras (Hardware) yang digunakan sebagai penampilan output video dari pada sebuah CPU, dan kegunaannya tersebut tidak dapat dipisahkan dalam pemakaian suatu komputer, sehingga dikarenakan monitor itu sebagai penampilan gambar maka tentunya komputer sangat sulit digunakan dan bahkan sama sekali tidak dapat digunakan tanpa menggunakan monitor.

. Jenis-Jenis Monitor dan Cara Kerjanya

Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, monitor memiliki berbagai macam jenis tentunya dengan cara kerja yang berbeda-beda untuk menampilkan grafis. Saat ini terdapat beberapa jenis monitor yang diantaranya:

a. Monitor CRT (Cathode Ray Tube)

Monitor CRT atau sering disebut juga dengan Monitor Tabung, yaitu monitor yang disusun dari tabung dan juga pancaran sinar katoda, saat ini monitor CRT semakin ditinggalkan oleh para pengguna komputer seiring bermunculan monitor jenis lain misalnya seperti monitor LCD, LED dsb.

b. Monitor LCD (Liquid Crystal Display)

Liquid Crystal Display atau lebih dikenal dengan sebutan LCD yaitu monitor yang layarnya menggunakan teknologi kristal cair sebagai penghasil grafis pada monitor. Cahaya pada monitor LCD berasal dari lampu neon berwarna putih, yang tersusun dibelakang susunan pixel/kristal cair dengan jumlah sangat banyak, sehingga akan membentuk tampilan. Kristal cair yang dilewati arus listrik akan terpolarisasi oleh medan magnetik, sehingga akan membiarkan warna-warna tertentu yang diteruskan sementara warna yang lainnya tersaring.
c. Monitor PDP (Plasma Display Panel)

Monitor PDP atau lebih dikenal dengan sebutan Monitor Plasma merupakan gabungan dari teknologi monitor CRT dan LCD. Sehingga monitor plasma,mampu menghasilkan layar yang setipis LCD dan sudut pandang selebar layar CRT. Pada plasma, layar datar dimana cahaya yang dihasilkan dari fosfor untuk menampilkan grafisnya, sehingga warna yang di hasilkan lebih baik. Monitor plasma memanfaatkan tegangan eksternal untuk pelepasan gas yang ada didalam panel untuk menghasilkan sinar ultraviolet, tapi gas yang dilepaskannya tidak mengandung merkuri.
d. Monitor LED (Light Emitting Diode)

Dapt di katakan Monitor LED ini merupakan pengembangan dari monitor LCD. Warna yang di tampilkan pada LED memiliki banyak peningkatan, dan memiliki lebih banyak variasi warna daripada LCD. Perbedaan dengan LED dengan LCD biasanaya monitor LED lebih tipis daripada monitor LCD. LED memiliki banyak fitur daripada LED, misalnya seperti LED dapat menjalankan teknologi toucscreen, Digital TV dan sebagainya. Perbedaan lainnya LED memakai pencahayaan menggunakan teknologi LED backlight.

Fungsi Monitor

Monitor berfungsi dan berperan untuk menampilkan semua data hasil proses baik itu teks, gambar, atau video yang berasala dari hasil proses.

Semua monitor memiliki resolusi yang berbeda – beda dalam menampilkan gambar yang dihasilkan dari perangkat proses. Misalnya sebuah layar monitor 17 inci memiliki resolusi 1024x768.
Inci merupakan ukuran diagonal pada sebuah monitor, sedangkan resolusi merupakan lebar dan tinggi pixel yang akan menentukan kualitas gambar yang ditampilkan pada sebuah monitor.




http://mahmudefendi6.blogspot.co.id/2014/12/pengertian-monitor-dan-fungsinya.html?m=1
http://www.pengertianku.net/2017/07/pengertian-monitor-komputer-dan-fungsinya.html
https://ranah-informasiku.blogspot.co.id/2016/03/pengertian-fungsi-dan-jenis-monitor.html?m=1

0 komentar:

Copyright © 2013 Aditya Puspitasari